WMP (Wirausaha Muda Pemula) Dan SKP (Sentra Kewirausahaan Pemuda)

WMP (Wirausaha Muda Pemula) dan SKP (Sentra Kewirausahaan Pemuda)

Bismillahirrohmanirohim. Alhamdulillah. Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan kemudahan hingga tersusunnya Peraturan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Nomor 17 Tahun 2017 tentang petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah dalam Akun Belanja Barang Lainnya untuk Diserahkan kepada Masyarakat/Pemerintah Daerah bagi wirausaha Muda Pemula dan Sentra Kewirausahaan Pemuda. Pemberian bantuan kepada wirausaha muda pemula merupakan perwujudan amanah Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan khususnya Pasal 27 ayat (3) huruf g yang menyatakan bahwa salah satu upaya pengembangan kewirausahaan pemuda dilaksanakan melalui bantuan akses permodalan.

Bantuan akses permodalan menjadi hal yang penting mengingat banyaknya pemuda yang merintis usaha dan berniat mengembangkan usaha tetapi terkendala dana. Di sisi lain wirausaha muda dini/pemula ini belum dapat mengakses permodalan dari bank. Mengingat usaha yang masih bersifat pemula, selain dana, mereka juga membutuhkan bimbingan dalam proses pengembangan usaha. Oleh karena itu dibutuhkan proses integratif dalam pembimbingan dan pemberian modal. Oleh sebab itu Kemenpora juga memberikan bimbingan managemen keuangan kepada WMP penerima bantuan.

Data penerima bantuan tahun 2017 menunjukkan bahwa sebagian besar penerima bantuan (29 %) bergerak di bidang industri kreatif. Sebuah kesyukuran pemuda Indonesia sudah merambah pada ekonomi gelombang keempat. Ekonomi gelombang ke -4 adalah kelanjutan dari ekonomi gelombang ketiga dengan orientasi pada kreativitas, budaya, serta warisan budaya dan lingkungan. Ekonomi kreatif ini memanfaatkan cadangan sumber daya yang bukan hanya terbarukan, bahkan tak terbatas, yaitu ide, gagasan, bakat atau talenta dan kreativitas . Tingginya angka pemuda yang berwirausaha di bidang ini merupakan indikator bahwa terdapat optimalisasi
potensi pemuda dalam hal kreativitas.

Kami mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyempurnaan petunjuk teknis penyaluran bantuan ini. Semoga Allah SWT memberikan pahala atas segala amal kebaikan kita.

Juknis ini diharapkan mampu menjadi salah satu pedoman bagi WMP di seluruh Indonesia untuk dapat mengakses bantuan sehingga makin banyak pemuda Indonesia yang menjadi wirausaha.
Salam Pemuda !!!

 

Deputi Bidang Pengembangan Pemuda

Ttd.

Dr.H. M. Asrorun Ni’am Sholeh, MA

 

download file disini.

Sumber: kemenpora.go.id

Tag: Rimba Media Sb, WMP, SKP, kemenpora

Share

Pembuatan Website Kantor Ketahanan Pangan Kab. Karangasem Bali

Pembuatan Website Kantor Ketahanan Pangan Kab....

SKP (Sasaran Kinerja Pegawai) dan Perhitungan Remunerasi Tiap Bulan

Latar Belakang Menurut Undang-Undang Nomor 8...

Rimba CMS

Rimba CMS merupakan CMS / Content Management...

1 Komentar - WMP (Wirausaha Muda Pemula) dan SKP (Sentra Kewirausahaan Pemuda)

Tambahkan Komentar Anda